The Caster Chronicles Series – Beautiful Creatures by Kami Garcia and Margareth Stohl


Beautiful Creatures by Kami Garcia dan Margaret Stohl
Beautiful Creatures by Kami Garcia dan Margaret Stohl

RATING

✮✮✮✮ Story Line

✮✮ Plot twist

Cover and interface

Comfort reading

Average:

3 star

(3 stars out of 5)


BRIEF INFORMATION

Judul: Beautiful Creatures

Penulis: Kami Garcia dan Margaret Stohl

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit: 2011

ISBN: 978-979-23-7239-0

Jumlah halaman: 624

Haloha! Postingan gue kali ini adalah review dari novel yang bertemakan dunia sihir. Novel bergenre paranormal dan semacamnya emang lagi ngehits baru-baru ini. Nggak ketinggalan juga series Caster Chronicles hasil duet Margaret Stohl dan Kami Garcia. Dua penulis ini membuat seriesnya ke dalam empat buku, apa aja? Ini dia:

Ini kenapa judulnya beautiful semua ya? Mungkin karena sang penulis merasa beautiful? Ini dia kira-kira wujud kedua penulis ini…

Kami Garcia and Margaret Stohl
Kami Garcia and Margaret Stohl

Cantik ya? Iya, waktu muda *ehem*. Well, mbak-mbak ini sukses membuat buku pertama laku keras sampe jadi International Best Seller. Sampai dibikin adaptasi film dengan judul yang sama oleh Warner Bros. Penasaran sekeren apakah novel ini sampe ada filmnya? Check this out~

IT STARTED WITH NIGHTMARES

Ethan Wate, seorang remaja yang pengen banget cepetan lulus SMA dan kabur dari Gatlin, South Carolina. Dia nggak suka banget tinggal di kota kecil dimana lo bunuh tikus got aja semua orang pada tau. Orang-orang Gatlin itu pemikirannya pada freak semua. Mulai dari yang remaja sampe yang udah keriput. Kecuali keluarga Wate dong ya. Ethan tinggal sama Amma, seorang wanita yang udah lama jadi bagian dari keluarga Ethan, dan ada juga ayahnya Ethan yang nggak pernah keluar kamar semenjak istrinya meninggal. Bisa dibilang keluarga Ethan-lah yang paling waras di Gatlin.

Belakangan Ethan mimpi buruk, dia ketemu cewek yang sama sekali enggak dia kenal. Dan dalam mimpi-mimpinya, pasti Ethan dan cewek itu sedang terjun bebas. Ethan berusaha meraih tangan gadis itu tapi entah kenapa tetep aja lepas. Dan anehnya dia mendengar melodi yang nggak pernah dia dengar:

Enam belas bulan, enam belas tahun

Enam belas ketakutan terdalammu

Enam belas kali kau memimpikan air mataku

Terjatuh, terjatuh melalui tahun tahun…

Lebih aneh lagi tiap kali dia bangun dari mimpi itu, tanah, lumpur, keringat dan apa-apa yang ada di mimpi ikut kebawa ke dunia nyata.

A STRANGE GIRL

Di Stonewall Jackson High School ada gerombolan cewek-cewek yang suka ngeksis. Sebut saja Savannah Snow, Emily Asher, dan beberapa cewek lain yang pengen populer. Savannah ini dijadiin standar cewek-cewek di Jackson High School, entahlah mungkin karena bibir ala Angelina Jolie yang super tebel sampe kaga bisa mingkem.

Hari pertama masuk sekolah, Jackson High School dihebohkan dengan kedatangan murid baru. Apalagi murid baru itu adalah keponakan si Tua Macon Ravenwood! Kenapa cuma gara-gara itu bisa heboh banget? Macon Melchizedek Ravenwood adalah pak tua yang jaraaaang banget sampe bisa dibilang nggak pernah keluar rumah. Dia punya rumah yang serem dan keliatan jarang diurus. Semua warga Gatlin jangankan masuk ke dalem, lewat aja udah gemeteran.

Lena Duchannes, cewek cantik inilah yang jadi hot issue di SMA si Ethan. Hari pertama masuk aja udah jadi bahan bully-an Emily dkk. Nggak hanya karena dia keponakan si Tua Ravenwood, tapi juga penampilannya yang dianggap freak, aneh, strange, dan pokoknya yang menurut Emily dkk jelek-jelek. Maklum lah mereka bawaannya pake baju yang kurang kain.

Awal kedatangan Lena itu bisa jadi merupakan awal terjadinya hal-hal aneh di Gatlin. Pertama, kaca kelas tiba-tiba pecah dengan alasan yang nggak jelas. Kedua, sering terjadi badai. Ternyata Lena ini seorang caster alias perapal. Setiap caster punya kemampuan masing-masing. Lena punya kemampuan mendatangkan petir, badai dan semacamnya kalo dia lagi badmood. Keren kali ya kalo lo abis diselingkuhin cowok lo, lo bisa datengin petir supaya dia gosong.

Ethan akhirnya tau kalo cewek di mimpinya itu ternyata Lena. Entah kenapa Ethan punya koneksi kuat dengan Lena. Mereka punya kemampuan telepati, dimanapun mereka berada, mereka bisa berkomunikasi lewat batin. Bagusnya mereka ngirit duit buat beli pulsa. Oiya, kalo lagi ada pikiran, Lena juga bisa nulis apa aja di atap-atap kamarnya. Tanpa bolpoin, tanpa spidol. Lagi-lagi ngirit duit buat beli bolpen sama buku diary. Enak kali ya jadi caster.

Eits, tapi tunggu dulu. Jadi caster ternyata ada nggak enaknya. Di usia enam belas tahun, Lena musti melewati pengklaiman apakah dia jadi Caster Gelap atau Caster Terang. Lena takut banget dia bakal diklaim jadi yang gelap. karena keluarganya yang jadi Caster Terang bakal mati. Dan sebaliknya juga, kalo dia diklaim jadi Caster Terang, keluarganya yang jadi Caster Gelap bakal mati. Lena berusaha mencari cara untuk mengklaim dirinya sendiri, dia dan Ethan bertemu Marian Aschroff seorang pustakawati yang merupakan orang waras kedua di Gatlin, sahabat Ibunya Ethan. DIa menunjukkan Buku Bulan yang berisi mantra-mantra buat para Caster. Dimulailah perjalanan melelahkan Ethan dan Lena untuk mencari mantra yang menghindarkan Lena dari pengklaiman jadi Caster Gelap.

THE UNPREDICTABLE MOVES

Banyak kejadian-kejadian yang bikin kaget dan susah diprediksi dari buku ini. Contohnya Macon Ravenwood yang selama ini baik pada Lena ternyata seorang Caster Gelap. Dia tampaknya nggak mau Lena jadi seperti dia, makanya dia ngajarin hal-hal baik kepada Lena.

Contoh lainnya adalah ternyata Amma kenal dengan Macon. Ethan tau hal ini saat dia diem-diem ngekor si Amma keluar rumah malem-malem. Ternyata dia menemui Macon di rawa-rawa. Amma ini semacam cenayang yang hobi bikin jimat-jimat. Ethan udah hapal gimana kebiasaan Amma yang galak ini naruh jimat di setiap tempat. Selama ini ternyata ada alasan kenapa Amma nggak suka Ethan deket-deket sama Lena. Ternyata Mortal dan Caster nggak akan pernah bisa bersatu secara fisik. Makanya, Amma bekerja sama dengan Macon untuk menjauhkan Ethan sama Lena. Tapi ternyata ikatan dari kedua pasangan ini bener-bener kuat.

Ada lagi contohnya, ketika Lena dan Ethan lagi ngobrol di Greenbier—semacam kebun di deket rumah si Tua Ravenwood, mereka menemukan liontin yang berinisial ECW dan GKD. Setelah nyari informasi dari Tiga Saudari, rupanya ECW adalah inisial untuk Ethan Carter Wate  dan GKD adalah Genevieve Duchannes. Mereka berdua adalah leluhurnya Ethan sama Lena yang juga sama-sama jatuh cinta. Setiap kali Ethan menyentuh liontin itu, Ethan bisa melihat masa lalu dimana Perang Saudara telah memisahkan kedua pasangan yang lagi kasmaran tersebut.

Contoh lainnya kaga usah kali ya, masa iya se-novel mau gue tulis di sini semua :3

THE MOVIE

Lemme show you how the characters look like…

Alden Ehrenreich as Ethan Lawson Wate
Alden Ehrenreich as Ethan Wate
Alice Englert as Lena Duchannes
Alice Englert as Lena Duchannes
Viola Davis as Amma
Viola Davis as Amma
Emmy Rossum as Ridley Duchannes
Emmy Rossum as Ridley Duchannes
Thomas Mann as Link
Thomas Mann as Link
Emma Thompson as Mrs. Lincoln/ Sarafine
Emma Thompson as Mrs. Lincoln/Sarafine
Zoey Deutch as Emily Asher
Zoey Deutch as Emily Asher
Jeremy Irons as Macon Ravenwood
Jeremy Irons as Macon Ravenwood

Well, honestly I don’t like the movie. Soooo different and lack of details. Maklum sih cuma dikasih durasi dua jam. Yang paling gue sebel sih ada tokoh-tokoh penting yang dihilangkan. Seperti Marian Aschroff, posisinya justru diganti Amma. Dan Amma di sini kurang menunjukkan sifat nggak sukanya ke Lena. Lagi, nggak ada anjingnya si Macon yang suka stalking Ethan sama Lena. Bakal seru kalo anjing ini ada gitu, tapi malah kaga ada batang idungnya. Dan ayahnya Ethan juga nggak keliatan, cuma di awal film ada dialog Ethan manggil ayahnya supaya keluar kamar.

Oiya ada momen ketika Mrs. Lincoln, ibunya Link (sahabat Ethan) menunjukkan kalau dia dirasuki Sarafine (ibunya Lena) yang jadi Caster Gelap. Setau gue di novel dia nongol pas malam pengklaiman Lena, eh di filmnya nongol pas Lena mau dihukum warga se-Gatlin gara-gara bikin kekacauan. Dan yang paling gue keselin, ending film ini jauh beda sama novelnya. Ethan dibikin hilang ingatan supaya dia lupa sama Lena. Padahal di novel otaknya si Ethan beres-beres aja.

Tapi gue suka pemain-pemainnya, wujud mereka cocok dengan deskripsi di novel. Ethan yang gokil, Lena yang pendiem, Link yang kocak, Macon yang misterius, dan Ridley yang ganas. Nama terakhir belum gue singgung tadi, Ridley ini saudara paling deketnya Lena. Dulu mereka sering bareng. Mereka kepisah karena hilangnya Ridley secara misterius di malam dia mau diklaim. Dan ya, Ridley jadi Caster Gelap dengan kemampuan mempengaruhi orang lain (disebut Siren). Ridley ini kepengen bikin Lena jadi kaya dia, makanya Ridley balik ke Gatlin, deketin Ethan dan mempengaruhi sahabatnya Link dengan tujuan membakar emosi Lena. She really is a bad girl!

THE GOOD AND THE BAD

Bagusnya novel ini adalah bahasanya yang bener-bener ringan dan nggak bikin pusing. Bener-bener cocok buat remaja pecinta novel fantasi kayak gue. Gue pas baca novel ini bener-bener menikmati alur yang smooth tapi nggak ngebosenin dan banyak fakta-fakta yang bikin tercengang, terkejut, terkaget-kaget, dan tercekik *abaikan*.

Cuman jeleknya ya itu tadi, adaptasi filmnya yang menurut gue kurang menggambarkan isi novel yang sebenarnya. Bahkan justru banyak yang diubah dan dihilangkan.

Kayanya itu doang guys yang bisa gue garis bawahi kelebihan dan kekurangannya. Selebihnya lo bisa baca dan menilai sendiri. Get this book here.

Advertisements

4 Comments

Add yours →

  1. full of spoiler –‘

  2. Beautiful Chaos’nya kpn terbit nihhh, hmmmm

Don't mind to give me your own review!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: