The Vampire Diaries: The Awakening by L.J. Smith


Cover depan The Vampire Diaries - The Awakening
Cover depan The Vampire Diaries – The Awakening

RATING

Story Line

Plot Twist

Cover and Interface

✮✮ Comfort Reading

Average

4 stars

(4 stars out of 5)


BRIEF INFORMATION

Judul: The Vampire Diaries: The Awakening

Penulis: L.J Smith

Penerbit: Atria

Tahun terbit: Cetakan V, Oktober 2010

ISBN: 978-979-024-207-4

Jumlah halaman: 282

Mau dibilang novel lama enggak, novel baru juga enggak. The Vamp Diaries ini dari sononya udah terbit tahun 1991 tapi baru ditranslate ke Indonesia baru empat tahun yang lalu yakni tahun 2010. Para pencinta vampir-vampir ganteng pastinya nggak bakal nggak tau sama buku serial ini or at least you know the show, don’t you?

Jadi, The Vampire Diaries ada empat buku dari seri pertamanya:

  1. The Awakening
  2. The Struggle
  3. The Fury
  4. Dark Reunion

Dan kemudian dilanjutin sama seri selanjutnya The Return dengan tiga buku yang lebih lebih lebih tebel daripada seri pertamanya:

  1. Nightfall
  2. Shadow Soul
  3. Midnight

So, yuk cus bahas buku pertama dari seri pertama The Vampire Diaries: The Awakening!

NEW LIFE ELENA, ‘NEW’ GODDAMN LIFE

2014-10-21-13-55-40_decoElena Gilbert, cewek populer idaman semua pria dengan rambut emas badainya kembali ke Fell’s Church setelah tinggal di Perancis usai meninggalnya kedua orang tuanya karena kecelakaan. Elena tinggal bareng Bibi Judith dan adik perempuannya yang masih kecil bernama Margareth. Cewek ini punya dua sahabat, yang satu cewek mungil berrambut stroberi dan wajahnya berbentuk hati, please call her Bonnie. Dan yang satu lagi cewek brunette tangguh, call her Meredith.

Di sekolahnya, Elena itu jadi pusat perhatian karena emang selain cantik, mantannya dimana-mana ada. Baru-baru ini dia pacaran sama temen masa kecilnya, Matt Donovan. Anak-anak lain pengen jadi temennya Elena biar ketularan ngehits. Tapi ada satu temen Elena yang sekarang malah berubah jadi musuhnya, Caroline Forbes. Dia terobsesi mengalahkan ketenaran Elena. Apapun bakal dia lakuin asal bisa mengungguli ‘mantan’ temennya itu.

Elena hobi nulis diary, di situ dia menuliskan curhatannya tentang kepergian orang tuanya. Elena masih mencoba kembali ke kehidupan normalnya tetapi hidup Elena justru berubah menjadi tidak normal lagi sejak para vampir datang…

NOT JUST SOME ITALIAN HOTTIE

Dengan mobil Turbo 911, jeans, kaus oblong ketat, dan jaket Armani asli bikinan Italia, seorang cowok berrambut gelap bergelombang menginjakkan kaki di Robert E. Lee High School dan membuat para cewek histeris, termasuk Elena. Cowok ini seolah-olah nggak sadar ada kerumunan cewek yang bertanya-tanya who the hell this hottie is? Dia malah nyelonong masuk ke kantor administrasi dimana Elena melihat ada sesuatu yang aneh di situ. Mrs Clarke si pegawai administrasi awalnya terlihat skeptis sama cowok ini tapi ketika melihat si cowok, ekspresinya berubah.

Seusai mengurus semuanya, cowok ini tetep aja nyelonong dan nggak merhatiin ada Elena di situ. Elena yang nggak biasa nggak diperhatiin merasa kaget dan merasa tertantang untuk mendekati cowok itu dan membuatnya bertekuk lutut. Elena pun memanfaatkan koneksinya buat ngepoin si cowok.

Namanya Stefan Salvatore. Kebetulan Elena satu kelas sama dia di jam Sejarah yang gurunya Mr. Tanner. Di kelas itu Bonnie dicecar pertanyaan sama Mr Tanner dan kemudian Bonnie dibantu sama Stefan yang maha tahu tentang sejarah-sejarah di dunia.

Elena kemudian punya rencana buat pura-pura jadi guide buat siswa baru dengan mengajak keliling sekolah, sekalian modusin Stefan. Tapi sewaktu mengatakan ke Stefan, dia malah cuek dan nggak peduli sama Elena. Padahal Stefan udah nggak nahan pengen nyentuh Elena karena

Cover belakang The Vampire Diaries: The Awakening
Cover belakang The Vampire Diaries: The Awakening

sejak kelas sejarah tadi dia diem-diem merhatiin Elena yang miriiipp banget sama kekasihnya pas jaman bahula.

Tujuan Stefan datang ke Fell’s Church adalah untuk memulai kehidupan baru. Pengen jauh-jauh dari kehidupannya sebagai makhluk malam. Dia masuk ke Robert E. Lee juga berharap bisa menyatu sama manusia-manusia, bersikap seperti mereka, punya kehidupan normal kaya mereka. Tapi Stefan nggak tau sampai kapan dia bisa pura-pura jadi ‘manusia’. Lama-lama orang-orang bakal tau kalo dia enggak menua. Dia nggak tau nanti, yang jelas dia sekarang lagi berusaha menjauhi Elena yang sangat susah buat dijauhi…

THE OTHER HALF OF SALVATORE

Gelap. Satu kata yang pas buat gambarin saudara kandung Stefan, Damon Salvatore. Dengan kemampuannya mengubah wujud menjadi seekor gagak, Damon mengikuti gerak-gerik Elena. Damon tau kalo saudaranya ada di Fell’s Church, terkesan sengaja karena di situ kebetulan ada seorang cewek yang mirip dengan masa lalu mereka berdua. Katherine, cewek yang dulu mereka perebutin yang pada akhirnya juga mengubah mereka jadi seperti sekarang ini.

Setelah menampakkan dirinya di hadapan Stefan, Damon terang-terangan pengen mengambil hati Elena dan mungkin bakal merubah cewek itu jadi seperti dia. Damon bahkan pelan-pelan berani muncul di depan Elena berulang kali yang bikin Elena risih sekaligus tertarik sama aura Damon yang gelap dan berbahaya.

Damon ini kaya sisi lain dari Stefan. Damon itu tipikal bad boy, sedangkan si Stefan tipe cowok yang hopeless romantic gitu deh. Damon nggak segan-segan meminum darah manusia, Stefan mati-matian menahan laparnya dengan makan darah hewan. Karena minum darahnya manusia, Damon jadi lebih kuat daripada Stefan. Makanya dia bisa mengubah wujudnya jadi gagak dan kemampuan mempengaruhinya jauh lebih kuat.

THE TV SHOW

The_Vampire_Diaries1
Poster The Vampire Diaries Season 1

THE MAIN CAST

Nina Dobrev as Elena Gilbert
Nina Dobrev as Elena Gilbert
Ian Somerhalder as Damon Salvatore
Ian Somerhalder as Damon Salvatore
Paul Wesley as Stefan Salvatore
Paul Wesley as Stefan Salvatore
Candice Accola as Caroline Forbes
Candice Accola as Caroline Forbes
Kat Graham as Bonnie Bennett
Kat Graham as Bonnie Bennett
Zach Roerig as Matt Donovan
Zach Roerig as Matt Donovan
Steven R McQueen as Jeremy Gilbert
Steven R McQueen as Jeremy Gilbert
Michael Trevino as Tyler Lockwood
Michael Trevino as Tyler Lockwood

I can say the show is much much different than the books! Yap, nggak cuma dari segi cerita, tapi karakter-karakternya pun beda. Pertama, sahabat Elena bukan Bonnie dan Meredith tapi justru Bonnie sama Caroline yang notabene jadi musuh Elena di buku. Kedua, adik Elena bukannya cewek dan masih kecil tapi justru cowok dan udah gede. Ketiga, nama belakang Bonnie bukannya McCullough tapi justru Bennett yang mana itu nama keluarganya Vicki, dan Vicki justru jadi adiknya Matt dan membawa nama keluarga Donovan di situ. Keempat, nama belakang Tyler juga sedikit berbeda, dari Smallwood jadi Lockwood. Kelima, bibi yang ngurus Elena bukan bibi Judith tapi malah bibi Jenna.

Entah kenapa si penulis tv series nya musti ngubah nama yang sepele kaya punya si Tyler. Kalo nama belakang Vicki sama Bonnie menurutku emang biar nanti sesuai sama jalan cerita dari sang script writer. Ekspektasi penggemar buku terhadap serial tv lumayan besar tapi buat gue sendiri yang fans berat bukunya dan punya semua serinya *pamer* tetep aja kecewa sekalipun main cast nya pada bening-bening semua.

Pendukungnya Stelena dan Delena sampe sekarang pun masih heboh meskipun di season-season hampir akhir itu emang lebih muas-muasin fansnya Delena. Gue yang ngefans Stelena kangen juga ngeliat ketulusan Stefan menyayangi Elena *hiks*

Intinya kalo kalian udah baca bukunya ya jangan naruh ekspektasi terlalu tinggi sama adaptasinya kalo nanti ujung-ujungnya juga nggak sesuai sama harapan bangsa dan negara #apasih

Komen dikit ya soal serial tv nya. Di season-season awal, ceritanya oke dan patut ditunggu kelanjutannya. Tapi udah mulai season 3 dan seterusnya, cast semakin banyak, datang dan pergi sesuka hatimu *nyanyi*. Dan jalan cerita dimolorin jadi nggak keruan. Apalagi noh si Katherine Pierce, mati-idup-mati-idup. Sampe sekarang pun gue berhenti di pertengahan season 5 dan nggak niat ngelanjutin meskipun Stefan sangatlah tidak tertahankan~

THE GOOD AND THE BAD

Komentar buat bukunya nih, buku pertama dengan sub judul The Awakening ini emang cukup sesuai dengan isi cerita yang lagi memperkenalkan ‘bangkitnya’ vampir bersaudara, Salvatore. Ceritanya cukup menjanjikan untuk terus diikuti dan begitulah yang terjadi padaku dulu. Gue beli buku ini udah tiga tahun yang lalu dan udah baca dua sampai tiga kali. Ukuran bukunya yang kecil bikin enak dibaca (lagi-lagi) sambil tiduran. Soal plot twist sih belum terlalu ngena ya karena baru perkenalan juga. Tapi dari segi story line menjanjikan pokoknya deh.

Kalo ada yang bilang The Vampire Diaries ini niru-niru Twilight, hell no! TVD udah diterbitin tahun 1991 sedangkan Twilight tahun 2005. “So now, who’s copying who?” TVD fans said.

Nah, kalo sisi jeleknya dari buku ini adalah kertasnya yang gampang menguning dan inilah yang terjadi padaku lagi. Gue nggak suka ngeliat buku gue menguning dan ada bercak-bercaknya, berasa bukunya kena demam berdarah gitu. Dan keempat bukuku dari seri ini semuanya udah menguning karena dulu belum pinter ngerawat buku *sekarang pun masih nggak bisa*. Maklum buku ini jadi buku pertama gue mulai mengoleksi novel terutama novel berseri. Awalnya mau ngereview ini aja males soalnya berasa udah telat gitu karena pamor TVD udah lama ada dan gue di sini baru ngereview bukunya. Anyway, nggak ada kata terlambat buat kalian yang emang penasaran sama bukunya, nih gue kasih link beli online –> Click here.

Advertisements

Don't mind to give me your own review!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: