The Mortal Instruments – City of Heavenly Fire by Cassandra Clare


CIty of Heavenly Fire by Cassandra Clare
CIty of Heavenly Fire by Cassandra Clare

RATING

✮✮ Story Line

Plot twist

Cover and interface

Comfort reading

Average

3 star

(3 stars out of 5)


BRIEF INFORMATION

Judul: City of Heavenly Fire

Penulis: Cassandra Clare

Penerbit: Fantasious

Tahun terbit: 2015

ISBN: 978-602-0900-25-4

Jumlah halaman: 636

Ini dia yang ditunggu-tunggu, akhirnya diterbitkan juga novel pamungkas dari serial The Mortal Instruments, City of Heavenly Fire! Beberapa bulan setelah novel aslinya dipublish, versi Bahasa Indonesianya akhirnya diterjemahin juga. Gue sebagai pencinta serial ini merasa cukup terharu dengan final instalment ini. Mengingat gue udah mengikuti lika-liku perjalanan Clary dkk dalam dunia Shadowhunter dalam 5 buku sebelumnya. Dan rasanya lega banget mengetahui serial ini akhirnya comes to an end.

SEBASTIAN’S ARMY

Di akhir buku kelima, City of Lost Soul, Jace udah lepas dari ikatan Sebastian dengan bantuan pedang Glorious dari malaikat Raziel. Tapi kemudian, api surgawi itu justru seolah-olah “menetap” di tubuh Jace. Jadi kalau Jace kebawa emosi sedikit alias baper bisa-bisa dia ngebakar orang se-Brooklyn. Makanya, Jace mencoba mengendalikan kemampuan barunya itu (entah ini bisa disebut sebagai kemampuan atau justru kutukan) dengan bantuan Jordan si Praetor. Adanya api surgawi di tubuhnya ini, Jace jadi takut deket-deket sama Clary karena mungkin bisa menyakitinya.

Di belahan dunia lain, Sebastian sedang membentuk pasukan pemburu bayangan gelap dengan menyerbu institut-institut di seluruh

The Mortal Instruments' Tower!
The Mortal Instruments’ Tower!

dunia. Mulai dari institut Berlin sampai institut Moskow nggak luput dari incaran Sebastian. Semuanya tidak ada yang selamat. Kecuali di Los Angeles, beberapa anak berhasil selamat dengan menggunakan portal. Mereka yang selamat adalah Emma Carstairs, Julian Blackthorn, dan adik-adiknya. Mereka pun diungsikan ke institut New York.

Pesan yang ditinggalkan Sebastian di Institut New York sepertinya segera terjadi. Erchomai. Aku akan datang. Sebastian akan datang. Demi keselamatan, semua institut dikosongkan dan para pemburu bayangan dievakuasi ke Idris termasuk Clary, Jace, dkk. Sedihnya, Simon nggak bisa ikut temen-temennya ke Idris. Simon butuh perlindungan Jordan dan Maia mengingat dia masih jadi buronan pemimpin klan vampir Brooklyn, Maureen.

Sesampainya di Idris, para pemburu bayangan mengadakan rapat besar membahas apa tujuan Sebastian sebenarnya. Dilihat dari banyaknya pemburu bayangan yang diubah, sepertinya Sebastian bertujuan ingin memusnahkan para Nephilim. Salah satu pemburu bayangan gelap yang mati telah diteliti oleh Saudara Hening. Mereka mencoba mencari tahu apakah ada mantra yang membalikkan efek dari Piala Infernal dan membuat para Nephilim gelap kembali seperti semula. Bahkan para warlock Labirin Spiral juga sedang mengusahakan penawarnya.

Dan kini aliansi pemburu bayangan dengan penghuni dunia bawah terancam goyah. Klan vampir berpikir akan menyenangkan jika dunia tanpa Nephilim, mereka bisa menghisap darah sesuka mereka. Para manusia serigala berusaha mencegah perpecahan dalam kubu mereka karena ada yang mendukung niat Sebastian ada pula yang tidak. Bangsa peri? Nggak usah tanya deh, mereka dari sononya emang licik. Bahkan Ratu Seelie diam-diam berhubungan baik dengan Sebastian. Padahal mereka masih mengirim wakilnya, Meliorn, menjadi salah satu dewan di aliansi penghuni dunia bawah. Hmm..

Trus gimana dong nasib pemburu bayangan di masa depan? Apakah pemburu bayangan akan benar-benar punah? Gimana nasib Simon yang jadi buronan Maureen? Jawabannya cuma ada di buku penutup serial ini!

THE SERIAL ADAPTATION

Kabar gembira untuk para pencinta serial The Mortal Instruments! Serial ini bakal dibikin tv seriesnya oleh ABC Family!! Iya! Lo denger gue, SERIAL INI DIBIKIN TV SERIESNYA SAMA ABC Family!! Series berjudul “Shadowhunters” ini bakal tayang di 2016 dan bakal disutradarai sama McG. Sumpah gue bahagia banget denger kabar baik ini, mengingat filmnya batal dilanjutin dan emang menurut gue filmnya cukup fail. Tapi buat penggemar movie cast-nya harus siap-siap kecewa karena semua pemain filmnya nggak bakal masuk ke jajaran cast di serialnya.

Nah, selama ini gue selalu ngikutin perkembangan serial ini lewat twitternya @ShadowhuntersTV. Sampai saat ini, cast-nya udah lumayan lengkap. Berikut ini bakal gue share siapa aja mereka dan seperti apa sih mukanya. Yuk cekidot!

Actress Katherine McNamara (New Year's Eve 2011 and Tom Sawyer & Hucklberry Finn 2013) poses in various teen fashion trends and beauty looks.
Katherine McNamara as Clary Fray

Setelah para fans berspekulasi siapa yang bakal menjadi sosok Clary, akhirnya Katherine McNamara-lah yang dipilih oleh the casting team. Perfect! Menurut gue, Kat ini cocok jadi Clary yang imut dan keliatan kecil. Dibanding prediksi sebelumnya yang menjadikan Molly Quinn sebagai Clary. Tinggal rambut merah doang pasti makin perfect! Gue yakin banyak yang belom bisa move on dari Lily Collins. But hey, I think she will do a great job! Oiya Kat ini juga main di film The Scorch Trials sebagai Sonya dari grup B (tunggu review gue selanjutnya).

dominic-sherwood-spread
Dominic Sherwood as Jace Lightwood

Nah ini nih yang ditunggu-tunggu. The arrogant and perfect Jace bakal dimainkan oleh Dominic Sherwood! What can I say? He is much much better than Jamie Bower! Tampangnya sekilas udah kaya ngajak berantem aja die nih. Ditambah body-nya wooooohhh~ Jace banget pokoknya! Dom ternyata pernah main di Vampire Academy jadi Christian Ozera, pantesan gue kok nggak asing ngeliat mukanya.

Alberto-Rosende-at-ABC-Family-s-studios-shadowhunters-tv-show-38442965-720-960
Alberto Rosende as Simon Lewis

Menunggu siapa yang bakal jadi Simon adalah penantian yang paling membuat gue enggak sabar!! Secara dia adalah tokoh favorit gue di serial ini. Dan syukur alhamdulillah yang meranin Simon adalah sesosok cowok yang meskipun gue engga kenal tapi masya Allah gantengnya :”) Dan dia cocok banget jadi Simon dengan segala nerdy things-nya. Perkenalkan Alberto Rosende!!! Meskipun keliatan lebih tua daripada bayangan gue tentang Simon, tapi setelah gue pikir-pikir Simon itu emang usianya paling enggak 20-21 tahun. Jadi oke lah, apalagi abang Alberto ini cocok banget pake kacamata :))

id2zqyl47fp2pfl
Emeraude Tobia as Isabelle Lightwood

Kalo ada Simon pasti ada Izzy. Pengumuman siapa yang bakal meranin Isabelle ini barengan sama pengumuman Simon. Dan hasilnya adalah seorang aktris yang berasal dari Meksiko, Emeraude Tobia!! She is very very stunning, sexy, and soooo Izzy! Kalo di dunia nyata emang ada Izzy, gue rasa dia bakalan kaya Emeraude. Gue nggak sabar bakal seunyu apakah pasangan Sizzy ini nantinya.

tumblr_no1tqcY5GJ1r3oy4vo1_500
Matthew Daddario as Alec Lightwood

Izzy nya aja hot kaya gitu, kakaknya juga harus hot dong ya. Dan emang bener, yang meranin Alec ini engga kalah badhay sama adeknya. Kenalin, Matthew Daddario! Lhoh kok Daddario? Iya, Mat emang saudaranya Alexandra Daddario yang meranin Annabeth di serial Percy Jackson. Dan setelah beberapa kali gue amatin, ternyata Mat dan Emeraude ini cukup mirip. Entah apanyaaa gitu. Berarti emang mereka dijodohkan sebagai kakak adek ya :”)

jXuwU
Harry Shum Jr as Magnus Bane

Hidup Alec di serial Shadowhunters ini bakalan hampa tanpa adanya cinta dari seorang Magnus Bane. Makanya, pengumuman casting Magnus segera dipublish setelah pengumuman castingnya Alec. Pemain serial tv Glee, Harry Shum Jr. terpilih menggantikan Godfrey Gao menjadi warlock tinggi Brooklyn itu. Gue nggak ngikutin serial Glee sih, tapi kabarnya di situ Harry jadi dancer gitu. Mungkinkah Magnus nanti dapet scene njoget? Sama Alec mungkin? *kemudian bayangin mereka joget*

Alan_van_Sprang_II
Alan Van Sprang as Valentine Morgenstern

Papa Valentine yang ganteng tapi kejam ini akan diperankan oleh Alan Van Sprang. Om Alan ternyata udah sering main jadi villain di serial Reign dan The Tudor. Wah ternyata jadi jahat itu harus berpengalaman ya *manggut manggut*. Dari segi wajah, Alan punya wajah keras dan berwibawa gitu. Jadi sepertinya beliau bakal cocok meranin tokoh Valentine Morgenstern B)

Mustafa_Isaiah_05-scarf-portraits_0270
Isaiah Mustafa as Luke Garroway

Parabatai Valentine, Luke Garroway yang berubah jadi manusia serigala bakal diperanin oleh Isaiah Mustafa. Nggak pernah bayangin sih, Luke bakal berkulit hitam. Tapi emang di bukunya, Cassie nggak pernah ngejelasin warna kulit Luke seperti apa. Cassie cuma nggambarin kalo Luke punya messy hair dan muka kebapak-an gitu. Setelah gue denger video profil dari Isaiah Mustafa, suaranya seperti suara Luke yang selama ini selalu gue bayangkan. Oh iya, kabarnya di series ini Luke bakal berperan sebagai polisi. Wah, kita tunggu aja deh kepastiannya~

MV5BMjE3MjQzOTMxNV5BMl5BanBnXkFtZTcwNzE1NjIzMQ@@._V1_SX640_SY720_
Maxim Roy as Jocelyn Fray

Kisah cinta segitiga antara Valentine-Jocelyn-Luke keknya bakal seru nih. Apalagi sewaktu gue tau kalo yang meranin JOcelyn adalah seorang aktris asal Kanada, Maxim Roy! Gue sempet melihat foto bareng dari ketiga tokoh ini. What can I say? They already have some serious thing about love and relationship! Semoga chemistry mereka bener-bener dapet ya.

tumblr_np37dgyZRE1svno5wo1_500
Jon Cor as Hodge Starkweather

Ini dia pengumuman casting yang paling mengguncang dunia shadowhunters. Siapa yang nyangka seorang Hodge Starkweather bakal dimainkan oleh aktor yang masih muda, super hot, belum lagi badannya wuuuhh~ Hodge bakal diperanin Jon Cor. Lihat deh foto di atas, beda banget kan sama Hodge di movie yang keliatan old banget. Menurut Cassie, Hodge di buku itu usiaya sekitar 36 tahun, sedangkan Jon Cor berusia 31 tahun. Jadi nggak beda jauh-jauh lah ya~

David-Castro-2
David Castro as Raphael Santiago

UPDATE!

Banyak yang khawatir peran Raphael bakal didepak dari serial TV Shadowhunters. Tapi buat lo yang ngefans sama karakter ini udah nggak perlu khawatir lagi. Karena pada 5 Juni kemaren, siapa yang memerankan pemimpin vampir New York ini terungkap. Yuk kenalan sama David Castro! Gambaran Raphael sebagai vampir seksi, licik tapi kadang baik, dan orang Latin cocok banget diperanin sama doi! Raphael juga digambarkan sebagai vampir yang masih keliatan muda, dan David Castro emang masih imut-imut :3

Kaitlyn Leeb as Camille Belcourt
Kaitlyn Leeb as Camille Belcourt

UPDATE!

Well, no one expect this character to be portrayed this soon. Camille Belcourt harusnya baru muncul di buku keempat alias City of Fallen Angels. Aktris yang memerankan mantan Magnus Bane ini justru udah diumumin di awal. She looks mean, but she is more like Maia, isn’t she? Anyway, kita tunggu aja apa yang akan dilakukan para penulis script Shadowhunters. Prediksi gue sih, peran Camille sebagai pemimpin klan New York yang sebenarnya (sebelum Raphael menjadi wakilnya) bakal lebih dilihatin. Because, we knew, after all she has lived for hundred years and she is Magnus’ ex. So her early appearance somehow need to be exposed more. Agree?

Jade Hassouné as Meliorn
Jade Hassouné as Meliorn

UPDATE!

Gue makin jatuh cinta sama penulis script serial ini. Gimana enggak, kalo karakter-karakter yang nggak terlalu signifikan tapi ADA di buku ini mereka tetep masukin. Salah satunya adalah Meliorn, bangsa peri yang juga mantan Issabelle Lightwood. Dia diperankan oleh Jade Hassouné, and he is so freakin’ hot!! Demi apa, peri aja seganteng dia, siapa yang kaga mau walaupun mereka tukang tipu wkwkwk~

THE CAST ARE GETTING HOTTER AND HOTTER! I CAN’T EVEN WAIT TILL 2016 T.T Gue berharap semua tokoh penting macam Jordan, Maia, Ratu Seelie dll tetep dimasukin. Dan gue berharap penulis serial ini nggak mengubah detail penting dari bukunya. Jangan sampe mereka mengecewakan salah satu fandom terbesar di dunia. Kalo sampe kecewa siap-siap kehilangan penonton mwehehhe *evil smirk*

THE GOOD AND THE BAD

Menyelesaikan serial dengan total 6 buku itu ternyata begini ya rasanya. Lega, bahagia, sedih, kangen, campur aduk deh. Gue merasa lega akhirnya setelah perjalanan yang melelahkan, kisah ini selesai juga. Tapi di sisi lain gue bakalan kangen sama tokoh-tokoh di buku ini. Duh dilema kan ya. Yang jelas, City of Heavenly Fire menurut gue menjadi ending yang tepat. Meskipun masih ada kekurangan di sana-sini, tapi Cassie ends it beautifully.

DSC_0022
6 books finally!

Pertama, gue merasa cukup terganggu dengan bagian yang ada Emma Carstairs dan Julian Blackthorn. Menurut gue, scene mereka nggak perlu-perlu banget. Mereka nggak terlalu punya peran yang signifikan bagi jalan cerita secara keseluruhan. Tapi ternyata cerita mereka ini bakal mengarah ke serial baru yang juga digarap sama Cassie. Kalo nggak salah serialnya diberi nama The Dark Artifies.

Kedua, secara keseluruhan sebenarnya plot di City of Heavenly Fire ini lebih lambat dibanding buku-buku sebelumnya. Salah satu scene yang bosenin menurut gue adalah ketika Clary dkk berada di neraka demi menemukan markas Sebastian. Minim action, lebih banyak pergulatan perasaan dari para tokoh.

Ketiga, dari buku City of Heavenly Fire ini gue jadi makin penasaran sama seluk beluk dari Saudara Zachariah dan juga Tessa Gray. Di buku ini rahasia-rahasianya bakal terungkap dan memunculkan pertanyaan-pertanyaan di benak gue. Gue berharap pertanyaan-pertanyaan itu bakal terjawab ketika gue baca serial The Infernal Device. Ini dia pinternya Cassie, dia selalu bisa bikin pembaca tertarik membaca serialnya yang lain. Kaya yang sebelumnya gue bilang, ada serial The Dark Artifies yang bakal lebih membahas Emma Carstairs. Tapi sayangnya gue nggak tertarik amat sih sama cerita dia ngehehehe

Gue sebenernya menyayangkan sih sama buku terakhir yang kesannya justru kurang greget. Harusnya di sebagai pamungkas dari serial ini, CoHF bisa lebih menekankan pada sisi actionnya. Bahkan sewaktu melawan Sebastian, nggak ada sesuatu yang spesial dari perlawanan Clary dkk. Tapi bagusnya nih, penutup yang dibikin Cassie sukses menyentuh gue dan membuat gue nggak mau ngelepasin begitu aja serial ini. Gue nggak rela sebenernya kalo endingnya dibikin begini, rasanya nggak adil! *lalu petir menyambar* Tapi entah kenapa dibalik ketidakadilan ending itu, justru membuat ending ini terasa pas dan tepat dan beautiful!

Fyuh~ akhirnya enam buku sukses gue review di blog ini. Gimana menurut kalian serial The Mortal Instruments? Memuaskankah dari awal sampe akhir? Atau justru bikin lo kecewa sampe kagak mau inget-inget lagi tentang dunia Shadowhunters? (kalo ini mah alay, yaudah gitu aja) Yuk bagi kesan kalian selama mengikuti perjalanan Clary dkk di kolom komentar di bawah!

To purchase this book, click here.

Advertisements

7 Comments

Add yours →

  1. Aku suka ama review kamu. Benar banget kata2nya yang diakhir yang soal ketidakadlian endingnya yang bikin endingnya ini malah lebih istimewa *tapitetapsedihsih. Suka banget sama serial ini dan pas tahu bakalan dibuatkan tv series rasanya senang banget!!! Awalnya agak kecewa karena pemain2nya semua bakalan diganti tapi setelah liat semua cast2 baru rasa kecewa langsung hilang deh wkwk.
    Kamu belum baca serial The Invernal Devices(TID) yah? itu seru banget lohh n malahh bikin baper bacanya. Senang banget pas baca CoHF ada Tessa dan Jem(Zachariah). CoHF ini sebenarnya spoiler dari serial TID yang ke-3 sih 🙂

    • waaah makasih ^^
      yap bener banget, can’t wait for the tv series to finally air!
      kalo sekarang aku udah baca clockwork angel sih, nunggu ada duit dulu baru bisa ngelanjutin ke buku selanjutnya u,u

  2. Kat McNamara berperan sebagai Sonya di The Scorch Trials bukan Maya. ehehe ^^

  3. Suka banget sm reviewnya, lengkap, aku ngikutin TMI dah dr lama, cuma ketinggalan pas dpt buku cohf br bln ini, pdhl sudah terbit thn kmrn versi indo nya: (
    Menurutku endingnya bagus, cuma kurang adegan pas lawan sebastian..

  4. Waw waw waw gue udah dari jaman smp ngikutin ini cerita kok gue baru tau sih kalo ada seriesnyaaa?~~

    Baru banget selesai baca buku ini dan langsung cari reviewnya dan yap, akhirnya dapet temen juga yang ngerasa kalo buku ini malah kurang greget. Sumpah gue juga rasain hal yang sama dan gue nyesel udh ekspektasi tinggi2, apalagi di bagian pas sebastian mati uhhhh tida seruuuu~~ tapi suka juga sih sama konflik sewaktu simon kenangannya diambil dan kalo menurut gue itu cara cassandra clare untuk bikin simon jadi pemburu bayangan juga toh akhirnya ingetan dia bakal kembali dan pasti selanjutnya juga akan ada di dark artifies.

    Daaan makasi info tentang seriesnyaa~~ jujur filmnya emang mengecewakan banget dan dari awal pun emang ga suka castnya, tapi sewaktu aku liat2 pemain diatas, wuihhh terlihat menjanjikan haha. Semoga aja sesuai dengan ekspektasi deh hihihi :))

    • Hai Chandra, makasih udah mampir!
      Yups, gue jadi pengen liat Simon ke depannya kek gimana. kayanya menarik kalo dia jadi shadowhunter juga~

      coba nonton seriesnya! Januari 2017 besok udah mulai season 2. Overall cukup menjanjikan lah ya, meskipun acting castnya nggak terlalu bagus tapi lumayan lah buat memuaskan penggemar wkwkw

Don't mind to give me your own review!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: