Heaven by Alexandra Adornetto


Heaven by Alexandra Adornetto
Heaven by Alexandra Adornetto

RATING

Story Line

Plot twist

✮✮✮ Cover and interface

Comfort reading

Average

1,75 stars

(1.75 stars out of 5)


BRIEF INFORMATION

Judul: Heaven (Halo Trilogy #3)

Penulis: Alexandra Adornetto

Penerbit: Fantasious

Tahun terbit: Maret 2015

ISBN: 978-602-0900-31-5

Jumlah halaman: 580

Rasanya udah lamaaa banget sejak terakhir gue meresensi novelnya Alexandra Adornetto. Bukannya gue punya banyak bukunya Allie sih, emang cuma tiga aja dan itu adalah trilogi Halo. Masih inget kan trilogi yang mengangkat tema dunia malaikat dan iblis? Kalo nggak inget, cek review gue sebelumnya → Halo dan Hades.

Nah, buku ketiga sekaligus penutup trilogi ini berjudul Heaven. Selisihnya cukup lama dengan terbitnya buku kedua di Indonesia. Hampir tiga tahun! Ada banyak perbedaan sih sama dua buku sebelumnya. Mulai dari cover sampe ukuran. Jangan-jangan ceritanya juga beda :3 Mending cek sinopsisnya dulu deh!

UNBLESSED MARRIAGE

Setelah selamat dari neraka, Beth berharap dapat kembali ke kehidupan normal bersama Xavier. Lulus dari SMA dan jadi mahasiswa. Tapi nggak ada kata “normal” buat kehidupan malaikat yang hidup di dunia manusia. Makin nggak normal lagi kalo malaikat itu berencana menikahi manusia.

Itulah yang jadi rencana Beth dan Xavier. Di sela-sela wisuda SMA mereka, Xavier dan Beth malah menyelinap ke restoran favorit mereka. Di sana, Xavier melamar Beth dengan memberinya cincin neneknya. Langit memperlihatkan ketidaksetujuannya dengan menjalarkan getaran-getaran yang dianggap manusia sebagai gempa. Dan, cincin itu pun jatuh.

Namun, ketidaksetujuan langit ini tidak mematahkan niat Xavier untuk menikahi Beth. Mereka pun segera ke gereja untuk menghalalkan hubungan mereka #duhbikinngiri #halalkanadekbang. Masih dengan seragam sekolah, Beth dan Xavier pun resmi jadi pasutri setelah didoakan oleh seorang pendeta. Pernikahan yang tidak diduga-duga ini pun bikin geger surga. Beberapa menit setelah pernikahan mereka sah, malaikat pencabut nyawa datang dan tanpa tedeng aling-aling mengambil nyawa si pendeta. Begini nih kalo nikah tanpa restu, hmm..

THE SEVENTH ORDER

Pernikahan malaikat dengan manusia rupanya mendapat perhatian khusus dari para penghuni surga. Sebuah pasukan khusus dikirim untuk menangkap Beth dan menariknya kembali ke surga. Pasukan itu biasa disebut Para Tujuh, merujuk pada ordo/ tingkatan malaikat yang ketujuh. Mereka ini semacem pasukan militernya surga gitu deh.

Meski pernikahan Beth dan Xavier tidak diketahui Gabriel dan Ivy, mereka tetap membantu dua pasangan itu untuk selamat dari Para Tujuh. Tapi, susah juga lolos dari kejaran pasukannya surga. Bahkan meskipun dengan penjagaan seorang Penghulu Malaikat (Gabriel) dan malaikat seraphim (Ivy).

Berbagai upaya dan pengorbanan harus dilakukan Beth dan Xavier demi tetap menjadi pasangan suami istri. Bahkan meski ditentang Surga. Oh so tragic~

THE GOOD AND THE BAD

Dengan selisih tiga tahun sejak terbitnya buku kedua, penerbit Fantasious tampaknya pengen memberikan suasana baru buat triloginya Alexandra Adornetto ini. Mereka mengubah total sampul dan ukuran dari buku pertama sampe buku ketiganya. Covernya pake kertas glossy dengan desain yang minimalis nan simpel. Ukurannya dipangkas jadi 10,5 x 19 cm. Seukuran kertas A6 cuman lebih lebar 5 cm.

Perubahan ini bawa sial aja ke gue. Ceritanya kan gue udah punya novel Hades yang terbitan lama dan masih seukuran novel pada umumnya. Sebagai Bibliophile—kolektor novel #tsah—nggak seru dong kalo punya trilogi dengan tema cover yang beda-beda. Sebetulnya gue juga nggak terlalu punya keinginan untuk melanjutkan trilogi ini sih. Cuman kebetulan sewaktu ada diskon besar-besaran di sebuah online bookstore di Facebook, novel Halo jadi salah satu yang kena promo diskon itu. Karena gue sekedar pengen melengkapi trilogi ini meskipun udah baca Halo, jadilah gue putusin untuk membeli buku Halo yang cover lama. Aslinya gue mau beli novel Halo dan Heavenly-nya Jennnifer Laurens. Tapi karena ada sesuatu sewaktu pengiriman, jadilah dua novel ini gagal nyampe di rumah. Sebagai permintaan maaf si penjual, dia pun mengirim ulang novelnya. Karena kebetulan stok Heavenly udah habis, jadilah gue memilih Heaven sebagai ganti. Hufffttt

Nah, kekecewaan gue itu sebetulnya subyektif banget sih. Karena pada dasarnya cover yang baru ini jauh lebih classy ketimbang cover lamanya. And of course, lebih mobile alias gampang dan enteng kalo dibawa kemana-mana.

Agaknya cuma itu aja yang jadi poin plus dari novel ini. Sebab cover yang bagus tidak menjamin ceritanya bagus juga saudara-saudara. I tell you, ceritanya sangat, sangat, sangat klise. Macem novel-novel teenlit atau metropop gitu. Bedanya yang ini lebih ke fantasi. Entah kenapa gue bisa bertahan buat nyelesaiin sampe buku penutupnya. Mungkin pada dasarnya gue orangnya setia :”) *apa hubungannya?!*

Alurnya macem kisah romansa anak SMP yang masih sama-sama labil. Dialognya juga cheesy banget. Selama membaca novel ini beberapa kali gue nggak bisa menahan buat ketawa dan geleng-geleng. Mungkin New York Times perlu mengevaluasi ulang novel-novel yang jadi best seller versi mereka. Hmm~

Tajuk dari novel ini adalah tentang betapa cinta adalah penguat jiwa, pelengkap hidup, dan doa ajaib ketika kita nggak tau harus nglakuin apa. Meskipun begitu menurut gue ini adalah kisah tentang betapa egoisnya dua pasangan ini. Mereka mengorbankan apa saja bahkan siapa saja supaya mereka bersatu. Bukankah cinta itu sebenarnya tidak egois? Ah ngomong apa sih aku ini. Tau apa aku soal cinta :”) *lalu baper*

Yah, cukup sekian kekejaman gue kali ini. Bintang 1,75 tampaknya lebih dari cukup buat novel penutup yang kurang memuaskan ini. Meskipun sebetulnya keseluruhan novel ini kurang memuaskan. This whole thing is a joke *sigh*

To purchase this book, click here.

Advertisements

Don't mind to give me your own review!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: